HDD Caddy Bikin Laptop Tidak Mau Mati

Standard

Memasang HDD Caddy adalah pengalaman baru saya hari ini. Perangkat ini digunakan untuk menggusur DVD Rom dengan HDD. Setelah sebelumnya HDD ini tergusur SSD. Ini penampakan HDD Caddy yang siap dipasang:

20150804130802

HDD Caddy

Setelah HDD saya pasang, mur saya kencangakan.. Otomatis saya tes dulu. Piranti berjalan normal. Disk terdeteksi, proses baca tulis juga OK.

Masalah kemudian muncul: Ketika laptop dimatikan, proses shutdown jadi lambat dan lalu bengong. Posisi laptop masih hidup, tapi tampilan layar hitam. Saya coba Googling dengan beberapa kata kunci. Ada yang menyarankan agar bongkar saja  dan modif solderan pinnya. Buset ribet amat.. Bukan solusi yang praktis.

Ketika laptop dimatikan, proses shutdown jadi lambat dan lalu bengong.

Walau banyak respon yang bilang ini solusi terbaik, saya amati tanggal postingan yang ternyata disekitar 2012. Saya yakin ada solusi yang lebih baik. Seporadis saya searching lagi pakai keyword lain seperti “hdd caddy unable to shutdown asus n46vj”, “hdd caddy unable to shutdown” dan lain sebagainya.

20150804130730

Saklar Setting PIN HDD Caddy

Sampai pada akhirnya saya baca post agan spideyro di kaskus yang menyarankan agar menggeser saklar disebelah port HDD. Saklar itu ada. Saya coba geser, pasang lagi. Laptop pun akhirnya bisa shutdown secara lancar. Fiuh.

Solusinya memang remeh. Hanya saklar kecil disebelah colokan HDD. Tapi bisa jadi lumayan panjang ceritanya kalau saya tidak tahu solusinya: retur caddy, pesan lagi, nunggu pengiriman dan kemungkinan bengong lagi. Bukan saya yang bengong loh ya. Laptopnya. Hehe!

About Ariyanto Adi Nugroho

Android developer based on Jakarta, Indonesia. Loves Mocca (Indonesian band, not the coffee one!), spent childhood as avid Harry Potter reader.

4 Comments

Leave a Reply