Pengen Jadi Developer Android, Mulai Dari Mana?

Standard

Itu pertanyaan saya 1 tahun yang lalu. Sebagai orang pada umumnya, Google jadi tujuan pertama saya. Nah, ada jutaan cara untuk mulai belajar. Saya sudah coba hampir semua cara yang saya tahu. Masing-masing ada plus minusnya. Minimal buat saya pribadi.

  1. Baca buku. Mata nggak capek, bisa dicicil dimanapun. Tapi karena perkembangan Android pesat, sering gak uptodate yang dibahas.
  2. Cari tutorial dan praktekin. Mata cepet capek karena harus didepan komputer. Cari yang uptodate gampang asal kita tahu caranya. Salah satu tutorial terupdate ya dari seksi Training di developer.android.com. Monggo bisa dicoba.
  3. Belajar dari video tutorial. Mata juga capet karena harus didepan komputer. Udacity jadi salah satu pilihan saya. Tutorialnya terstruktur, ada 18 materi yang bisa kita ulik, dari level pemula sampai lanjut. Free. Ada subtitle Inggris dan Bahasa Indonesia dibeberapa materi. Materinya kadang ngga seupdate developer.android.com, tapi pembuat materi biasanya kasi update. Tersedia juga repository App yang dibahas/dibuat yang kita bisa intip step-by-stepnya di github.

Pada akhirnya memang masalah pilihan pribadi aja. Mungkin teman-teman ada yang punya cara belajar lain? Bisa corat-coret di kolom komentar. Saya pribadi lebih seneng yang nomor 3. Kalau kamu?

About Ariyanto Adi Nugroho

Android developer based on Jakarta, Indonesia. Loves Mocca (Indonesian band, not the coffee one!), spent childhood as avid Harry Potter reader.

Leave a Reply